Detail Berita

Sinar Mas Land dan Amikom Kembangkan Animation Valley ala Indonesia

Sinar Mas Land dan Amikom Kembangkan Animation Valley ala Indonesia

Universitas Amikom Yogyakarta saat ini sering dilirik oleh berbagai perusahaan besar di Indonesia untuk dijadikan Mitra strategis, terutama yang terkait dengan pengembangan Ekonomi kreatif ataupun Film Animasi. Setidaknya terdapat 4 perusahaan besar yang dalam satu bulan ini berhubungan langsung dengan amikom dalam bentuk Kunjungan, Kuliah Umum ataupun MoU dengan Universitas Amikom Yogyakarta. Keempat Perusahaan Tersebut adalah : Kompas Gramedia Group, Sinar Mas Land, MNC Group, dan Lippo Group. Berikut adalah Rincian Kegiatan Perusahaan-Perusahaan tersebut di Amikom :
 
1/4. Sinar Mas Land dan Amikom Kembangkan Animation Valley ala Indonesia.
Sinar Mas Land melakukan kerjasama dengan Universitas Amikom Yogyakarta dalam rangka mengembangkan Animation Valley ala Indonesia, yang nantinya akan diberi nama Digital Hub. Kawasan terintegrasi digital pertama di Indonesia ini menempati area seluas 25,86 hektar di daerah BSD dan menghabiskan anggaran hingga Rp 7 triliun. Sebagai 'Silicon Valley', Digital Hub akan menunjang kegiatan operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi digital, mulai dari startups, technology leader, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang informasi dan teknologi (IT). Universitas Amikom Yogyakarta dan MSV Pictures (Badan Usaha Amikom yang bergerak di bidang industri film animasi) akan berkontribusi dalam mensupport konten dalam pembangunan digital hub serta membangun Animation Valley di BSD City.

"Kami ingin fokus animasi yang punya komunitas sendiri. 16.000 mahasiswa (Amikom) bentuk satu picture produksi film animasi, dijual ke luar negeri, di-set di San Fransisco baru ditayangkan di Indonesia," ujar Digital Hub Project Leader Sinar Mas Land, Irawan Harahap usai kegiatan ground breaking Digital Hub di BSD City, Tangerang, Kamis (Kompas, 19/5/2017).

Beberapa instansi yang digandeng Sinarmas mengembangkan digital hub, selain Universitas Amikom Yogyakarta, antara lain : MyRepublic, Apple Research and Development, PT Walden Global Service, Sinar Mas Land dan beberapa sejumlah sekolah berbasis teknologi informasi. Selain itu Sinar mas juga menggandeng beberapa komunitas di bidang animasi ataupun ekonomi kreatif untuk meramaikan kawasan rencananya akan rampung pada 2019 mendatang. Kawasan ini nantinya juga akan memiliki konsep mixed use, yang terdiri atas fasilitas, sarana dan prasarana bisnis, retail dan lifestyle center.

Penandatangan MoU antara Amikom University - MSV Pictures - Sinarmas Land dilakukan di Sinarmas Land - BSD City (18 mei 2017 ) oleh Prof.Dr.Mohammad Suyanto, MM (Rektor Amikom University), Aryanto Yuniawan (CEO MSV Pictures), Michael Widjaja (CEO Sinarmas Land Group), dan Irawan Harahap (GCEO associates Sinarmas Land). MoU ini sendiri merupakan tindak lanjut dari kunjungan pimpinan Sinar Mas Land ke Universitas AMikom yogyakarta, beberapa hari sebelumnya. Diharapkan kerjasama antara Sinar Mas Land dengan Universitas Amikom Yogyakarta ini akan semakin mempercepat terbentuknya ekosistem berbasis IT dan teknologi digital di Indonesia, terutama di bidang animasi dan ekonomi kreatif.

Sebelum Menandatangani MoU dengan Amikom, Sebelumnya Pimpinan Sinar Mas Group juga sudah berkunjung ke Universitas Amikom Yogyakarta untuk melihat beragam industri kreatif yang ada di amikom. berikut adalah foto-foto kegiatan kunjungan tersebut :

 

 
 
 
~ VDY ~
 
 

Kembali ke menu berita