Detail Berita

FishGator Berhasil masuk dalam tahap final Microsoft Imagine Cup 2018

FishGator Berhasil masuk dalam tahap final Microsoft Imagine Cup 2018

FishGator, Inovasi Karya Mahasiswa Universitas AMIKOM Yogyakarta berhasil masuk dalam tahap final Microsoft Imagine Cup 2018. Fishgator merupakan Platformberbasis  IoT (Internet of Things) yang diterapkan pada Inkubator pemeliharaan Ikan. Prinsip kerja FishGator adalah dengan memantau kualitas air dan pengelolaan pakan pada kolam inkubasi yang dilengkapi dengan sistem perawatan otomatis, yang terkoneksi dengan smartphone. FishGator memiliki sensor Ph, Salinity, Turbidity dan Temperature yang dilengkapi dengan sistem pengolahan citra berbasis sensor apetite fish yang terintegrasi dengan automatic feeder.
 
Imagine Cup merupakan ajang kompetisi tahunan yang disponsori dan diselenggarakan oleh Microsoft Corp. yang menyatukan para pecandu teknologi muda di seluruh dunia untuk mencari solusi dalam memecahkan permasalahan dunia yang sedang terjadi saat ini. . Setiap tahun, puluhan ribu siswa dari seluruh dunia menampilkan dan mendemonstrasikan ide mereka di kompetisi yang telah berlangsung sejak tahun 2003. Tim pemenang bisa memenangkan sampai USD100.000, sesi mentoring dengan CEO Microsoft Satya Nadella, mendapatkan kesempatan dari Azure untuk memasarkan produknya, dan juga membawa pulang Imagine Cup. Terdapat lima tahap sepanjang kompetisi dalam kurun waktu enam bulan, yaitu pendaftaran online, Semi-Final Indonesia, Final Indonesia, Final Asia Pasifik, dan Final Dunia. 
 
Untuk Tahap Final Imagine Cup 2018 Indonesia, akan diselenggarakan pada hari Kamis, 15 Maret 2018, di Pacific Place Mall Lantai 3, Jakarta. Terdapat Lima Finalis yang bersaing di tahap final ini, yaitu : 
Beehive Agriculture ( Tim : Beehive Drones, The University of Manchester)
Carepol (Tim : Carepol, Universitas Komputer Indonesia)
FishGator (Tim : FishGator, Universitas AMIKOM Yogyakarta)
ViaChat (Tim : Ratatouille, Institut Teknologi Bandung)
Dr. Tania (Tim: Taleus, Institut Teknologi Bandung)
 

Kembali ke menu berita