Detail Berita

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta berhasil menjadi Juara 2 Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta berhasil menjadi Juara 2 Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018

Mahasiswa Pascasarjana Universitas Amikom Yogyakarta, Yudhis Thiro Kabul Yunior, berhasil menjadi Juara 2 Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2018 untuk Kategori Non Mahasiswa Bidang Usaha Teknologi Digital. WMM sendiri merupakan Program Kewirausahaan Nasional yang diinisiasi oleh Bank Mandiri sejak Tahun 2007 dan sudah menelurkan lebih dari 36.000 wirausaha muda dari 656 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Program WMM 2018 melombakan tujuh kategori, yakni Industri perdagangan dan jasa, sosial, digital financial technology, teknologi non digital, teknologi digital, kreatif, dan boga. Tiap Kategorinya terbagi dalam 2 jenjang, yatu untuk mahasiswa (S1/D3) dan Non-Mahasiswa (S2/S3/Umum). Dalam WMM 2018, terdapat 70 finalis terpilih yang telah disaring dari 898 peserta yang mendaftar dalam program ini. Dari 70 finalis tersebut, dipilih 28 pelaku usaha muda potensial yang dipilih sebagai juara 1 dan Juara 2 di tiap Kategorinya.

Pemenang dari kelompok non mahasiswa akan memperoleh penghargaan WMM dan uang tunai hingga Rp 200 juta untuk juara pertama dan Rp 100 juta untuk juara kedua. Sementara untuk kelompok mahasiswa, pemenang I akan memperoleh Rp 100 juta dan pemenang kedua sebesar Rp 50 juta. Penghargaan pemenang diserahkan langsung oleh Menteri BUMN Rini Soemarno dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur, Sabtu (15/9/2018).

Inovasi yang diikutkan oleh Yudhis dalam program ini adalah Fishgator. Fishgator sendiri merupakan platform berbasis IoT (Internet of Thing) untuk budidaya ikan berbasis Ai dan Sistem Manajemen Data. beberapa fitur yang memudahkan budidaya ikan dalam fishgator diantaranya adalah sistem pemberi makan otomatis (Automatic Feeder) pada ikan berbasis manajemen pakan untuk mengefisiensi jumlah pakan yang keluar. Fishgator juga menggunakan teknologi sistem sirkulasi circlebubble untuk menstabilkan kadar oksigen dalam air. Selain itu terdapat juga fitur monitoring dan treatment sistem untuk memantau kualitas air berbasis smartphone dan web. Fishgator sendiri sebelumnya juga berhasil mendapatkan Gold Medal di World Invention Creativity Olympic (WICO) Award 2018 di Seoul, Korea Selatan.

 

Create by : amikomjogja Creator Content


Kembali ke menu berita